Rabu, 15 Januari 2014

Silabus Kimia Sifat Koligatif Larutan

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)

Satuan Pendidikan          : SMA/MA
Kelas                                     : XII

Kompetensi Inti              
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
1.1.    Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2.    Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1.    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2. Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1. Menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
3.2. Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit.
4.1. Menyajikan hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait penurunan  tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis larutan.
4.2. Mengolah dan menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dengan sifat koligatif larutan nonelektrolit yang konsentrasinya sama.

Materi Pokok
·  Diagram P-T
·  Tekanan Uap
·  Penurunan titik beku
·  Kenaikan titik didih
·  Osmosis, dan tekanan osmotic
·  Sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan non elektrolit

Pembelajaran
1.       Mengamati (Observing)
·      Membaca dan mendengar dari berbagai sumber tentang  fenomena terkait sifat koligatif (memasak air dengan dan tanpa garam; memasak dalam panci dengan dan tanpa tutup;  penggunaan garam di jalan bersalju, penggunaan garam dalam pembuatan es puter, dll)
2.       Menanya (Questioning)
·      Mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil observasi (mengapa memasak tanpa garam lebih cepat mendidih, mengapa penggunaan garam membuat es puter tetap dingin, mengapa digunakan garam untuk mencairkan salju, dll)
3.       Mengumpulkan Data (Experimenting):
·      Mendiskusikan konsentrasi (fraksi mol dan molalitas) dan berlatih menghitungnya.
·      Diskusi dalam kelompok, merancang percobaan, dan melakukan percobaan penurunan titik beku.
·      Menganalisis dari berbagai sumber terkait materi sifat koligatif larutan lainnya (kenaikan titik didih, penurunan tekanan uap, dan tekanan osmosis).
4.       .Mengasosiasi (Associating):
·      Menyimpulkan penyebab sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis )
·      Menghubungkannya konsentrasi (molalitas/fraksi mol) dengan sifat koligatif larutan)
·      Berlatih menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan
5.       Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Mengkomunikasikan hasil analisis terkait sifat koligatif larutan dengan cara lisan/tertulis, menggunakan tata bahasa yang benar
6.       Mengamati (Observing)
·      Mempelajari data hasil percobaan tentang sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
7.       Menanya (Questioning)
·      Mengajukan berbagai pertanyaan terkait perbedaan data percobaan sifat koligatif untuk larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
8.       Mengumpulkan data (Experimenting)
·      Mendiskusikan sifat larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
·      Menghubungkan sifat larutan  (elektrolit dan non elektrolit ) dengan konsentrasi berdasarkan data percobaan.
·      Menganalisis hubungan antara  sifat larutan (elektrolit dan non elektrolit), konsentrasi dan sifat koligatif larutan.
9.       Mengasosiasi (Associating)
·      Menyimpulkan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
·      Menemukan formula untuk menghitung sifat koligatif larutan elektrolit. (melibatkan faktor Van Hoff)
·      Berlatih menghitung sifat koligatif larutan elektrolit menggunakan formula yang sudah ditemukan
10.    Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Menyajikan semua yang telah dipelajari (lisan/tertulis)  dengan menggunakan tata bahasa yang benar

Penilaian
Tugas:
·   Merancang percobaan titik beku larutan
·   Membuat diagram P-T

Observasi
·   Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan (saat mengukur volume  menimbang, membaca thermometer, dll)

Portofolio
-   Laporan hasil percobaan

Tes tertulis
·       Pemahaman tentang fraksi mol, kemolalan, diagram PT, tekanan uap, titik beku, titik didih,  tekanan osmosis
·       Menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan
·       Menghitung sifat koligatif larutan elektrolit menggunakan formula yang sudah ditemukan

Alokasi Waktu
3 mgg  X 4 jp

Sumber Belajar
Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar