SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang
MIPA)
Satuan Pendidikan :
SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
1.1.
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi
redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
1.2.
Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan
YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif)
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
2.2.
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3.
Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.1.
Menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif
larutan pada penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
3.2.
Membedakan
sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit.
4.1.
Menyajikan
hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait
penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis
larutan.
4.2.
Mengolah dan menganalisis data percobaan untuk
membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dengan sifat koligatif larutan
nonelektrolit yang konsentrasinya sama.
Materi
Pokok
· Diagram P-T
· Tekanan Uap
· Penurunan titik beku
· Kenaikan titik didih
· Osmosis, dan tekanan osmotic
· Sifat koligatif larutan elektrolit dan
larutan non elektrolit
Pembelajaran
1.
Mengamati (Observing)
·
Membaca dan mendengar dari
berbagai sumber tentang fenomena terkait
sifat koligatif (memasak air dengan dan tanpa garam; memasak dalam panci dengan
dan tanpa tutup; penggunaan garam di
jalan bersalju, penggunaan garam dalam pembuatan es puter, dll)
2.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan berbagai
pertanyaan terkait hasil observasi (mengapa memasak tanpa garam lebih cepat
mendidih, mengapa penggunaan garam membuat es puter tetap dingin, mengapa
digunakan garam untuk mencairkan salju, dll)
3.
Mengumpulkan
Data (Experimenting):
· Mendiskusikan konsentrasi (fraksi mol dan molalitas) dan berlatih menghitungnya.
· Diskusi dalam kelompok, merancang percobaan, dan melakukan percobaan
penurunan titik beku.
· Menganalisis
dari berbagai sumber terkait materi sifat koligatif larutan lainnya (kenaikan titik didih, penurunan tekanan uap, dan tekanan osmosis).
4.
.Mengasosiasi (Associating):
· Menyimpulkan penyebab sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap, kenaikan titik
didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis )
· Menghubungkannya konsentrasi (molalitas/fraksi mol) dengan sifat
koligatif larutan)
· Berlatih menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan
5.
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Mengkomunikasikan hasil
analisis terkait sifat koligatif larutan dengan cara lisan/tertulis,
menggunakan tata bahasa yang benar
6.
Mengamati (Observing)
· Mempelajari data hasil percobaan tentang sifat koligatif larutan
elektrolit dan non elektrolit
7.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan berbagai pertanyaan terkait perbedaan data percobaan sifat
koligatif untuk larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
8.
Mengumpulkan data (Experimenting)
· Mendiskusikan sifat larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
· Menghubungkan sifat larutan
(elektrolit dan non elektrolit ) dengan konsentrasi berdasarkan data
percobaan.
· Menganalisis hubungan antara sifat
larutan (elektrolit dan non elektrolit), konsentrasi dan sifat koligatif
larutan.
9.
Mengasosiasi (Associating)
· Menyimpulkan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan non
elektrolit.
· Menemukan formula untuk menghitung sifat koligatif larutan elektrolit.
(melibatkan faktor Van Hoff)
· Berlatih menghitung sifat koligatif larutan elektrolit menggunakan
formula yang sudah ditemukan
10.
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Menyajikan semua yang telah
dipelajari (lisan/tertulis) dengan
menggunakan tata bahasa yang benar
Penilaian
Tugas:
·
Merancang percobaan titik
beku larutan
·
Membuat diagram P-T
Observasi
·
Sikap
ilmiah pada saat melakukan percobaan (saat mengukur
volume menimbang, membaca thermometer, dll)
Portofolio
- Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang fraksi mol, kemolalan, diagram PT, tekanan
uap, titik beku, titik didih, tekanan
osmosis
·
Menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan
·
Menghitung sifat koligatif larutan elektrolit menggunakan formula yang
sudah ditemukan
Alokasi Waktu
3 mgg X 4 jp
Sumber Belajar
Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang relevan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar